Mencegah Luka Kaki Penderita Diabetes

Mencegah Luka Kaki Penderita Diabetes

Mencegah Luka Kaki Penderita DiabetesPenyakit diabetes erat hubungannya dengan timbulnya luka parah, terutama di kaki. Luka pada penderita diabetes sendiri bukan luka biasa, karena memiliki resiko 10 kali besar untuk diamputasi. Oleh karena itu, dibutuhkan penanganan dan perawatan khusus untuk mencegah luka kaki penderita diabetes menjadi lebih parah lagi.

Mengapa Bisa Luka di Kaki?

Adalah rahasia umum bahwa orang yang mengidap diabetes rentan mengalami masalah dengan luka. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, orang yang memiliki diabetes tipe 2 cenderung melemah sistem imunnya sehingga luka kecil saja pada anggota tubuhnya bisa cepat berkembang menjadi infeksi yang parah. Faktor selanjutya ialah bahwa diabetes membuat aliran darah menjadi lebih lambat. Dengan demikian, ketika terdapat luka, penyembuhannya pun membutuhkan waktu yang jauh lebih lama daripada luka pada orang yang kadar gula darahnya normal. Alasan lainnya, orang yang memiliki penyakit diabetes juga menderita neuropathy, atau hilang rasa atau sensasi sentuhan di tangan dan kaki. Oleh karena itu, ketika memiliki lukapun mereka tidak akan cepat sadar sampai lukanya benar-benar kelihatan dan parah. Kaki menjadi bagian tubuh yang paling sensitif dan memiliki resiko terluka paling besar pada penderita diabetes. Hal ini karena kaki lebih sering mengalami hentakan, gesekan, hingga benturan sepanjang hari dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya.

Cegah Luka Kaki Penderita Diabetes

Untuk mencegah luka kaki penderita diabetes, Anda tidak hanya harus mengupayakan untuk menjaga kadar gula darah selalu rendah. Di samping itu, penting pula bagi Anda untuk telaten menjalankan perawatan kaki seperti berikut:

Rajin mengecek kaki setiap hari dan mencucinya dengan sabun cair lembut dan air.

Keringkan kaki dengan benar, terutama untuk bagian sela-sela jari kaki, beri moisturizer atau foot cream agar selalu lembab dan mencegah kulit pecah-pecah.

Gunakan pula krim anti jamur untuk mencegah infeksi kulit kaki akibat jamur.

Menggunting kuku dengan hati-hati dan hanya dengan alat-alat yang sudah terjamin steril.

Hindari penggunaan alas kaki yang tidak nyaman seperti kaos kaki yang terlalu ketat, sepatu jenis hak/lancip/apa pun yang berpotensi menimbulkan lecet.

Cegah Luka Lebih Parah

Selain kemunculannya yang berusaha sekeras mungkin untuk dihindari, kita juga harus sudah sigap untuk mencegah luka kaki penderita diabetes berkembang menjadi lebih parah hingga busuk dan diamputasi. Oleh karena itu, perawatan seperti berikut sangat penting untuk diterapkan :

Menggunakan krim antibiotik tiga lapis pada luka dengan segera karena luka segar sekecil apapun sangat rentan pada bakteri.

Tutup luka dengan kain kasa yang steril dan hindari adanya tekanan terhadap luka.

Rajin-rajinlah membersihkan luka dengan air mengalir. Jangan gunakan sabun, iodine, atau hidrogen peroksida untuk membersihkannya karena justru akan menimbulkan iritasi.

Sering-seringlah mengecek luka pada kaki ke dokter sebelum berkembang benar-benar parah. Selambat-lambatnya ialah tujuh hari setelah luka.

Semoga bermanfaat…

Pankreas Bisa Disembuhkan, Penderita diabetes tidak harus minum obat seumur hidup.

Selama sel-sel pankreas tidak diperbaiki, penderita diabetes divonis tidak bisa sembuh dan harus minum obat seumur hidup, sehingga dalam jangka panjang berakibat komplikasi diabetic seperti : retinopati diabetic yaitu penglihatan kabur yang berakibat kebutaan, nefropati diabetic yaitu gagal ginjal yang berakibat cuci darah, neuropati diabetic yaitu gangren yang berakibat amputasi dan lemah syahwat yang berakibat Impotensi.

CV. Sehat Pankreas Solo bekerjasama dengan Perusahaan Jamu Tradisional ONTA EMAS Indonesia, mempersembahkan Kapsul Tumor dan Kanker Pankreas atau Obat Diabetes Kapsul Pankreas yang terbuat dari 100% bahan-bahan herbal alami dan Garansi 100% Uang Kembali (syarat dan ketentuan berlaku).

Obat Diabetes Kapsul Pankreas bertindak sebagai pankreo regenerator yang berfungsi memperbaiki sel-sel pankreas yang rusak agar pankreas sehat kembali dan mampu bekerja secara optimal memproduksi insulin yang cukup untuk mengurai gula dalam darah, sehingga kadar gula normal kembali dan Insyaallah diabetes sembuh permanen tanpa harus minum insulin-buatan atau obat gula seumur hidup.

daftar harga obat diabetes pankreas

CV Sehat Pankreas Solo,
Jalan Brigjend Sudiarto 151-B Surakarta 57116 Jawa Tengah.(Gapura Gading ke selatan sekitar 500 meter, Belakang SMU ISLAM 1 Surakarta)

Product Consultan : (Pukul : 08.00 - 20.00 WIB)
0858 67966636(Indosat)
0852 70900070(Telkomsel)
0878 36777277(XL)

daftar harga obat diabetes pankreas
daftar harga obat diabetes pankreas